Minggu, 07 Juli 2013

Abang None Dituntut Pahami Akar Budaya Betawi | Beritabatavia.com

Abang None Dituntut Pahami Akar Budaya Betawi | Beritabatavia.com
 Para finalis Abang None (Abnon) Jakarta dituntut untuk memahami akar budaya Betawi. Diharapkan para finalis tidakmelupakan budaya Betawi sebagai karakter Kota Jakarta. 

"Kita ingin memperkuat akar budaya, sehingga nanti yang berkaitan dengan akar budaya kita lebih ditonjolkan dan dipertajam," papar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) usai menerima para finalis Abang None Jakarta 2013 di Balai Kota, Senin (1/7).

Ia mengatakan, jangan sampai Jakarta ini setiap harinya hanya berbicara soal ekonomi, mal, dan kemodernan lainnya, padahal Jakarta bila digali dan diangkat akar budayanya sangat bagus.   

Abang dan None Jakarta harus banyak kemampuan, sehingga tidak akan hanya mendampingi gubernur atau wakil gubernur saat ada acara berlangsung. "Saya akan fungsikan mereka sebagai marketers kotanya. Bisa muter ke setiap provinsi atau negara lain apabila secara produk kemasan kita sudah siap. Karena saya melihat negara-negara yang kemajuan turisnya tinggi dikerjakan oleh marketing langsung menuju konsumen langsung," katanya.

Bukan hanya itu, berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, malam final pemilihan Abnon Jakarta 2013 akan digelar di ruang terbuka yakni, Plasa Monas sisi timur pada Rabu (3/7).

"Saya minta pagelaran abnon dilaksanakan di lapangan terbuka. Yang dulu-dulu katanya di hotel, di gedung megah. Tahun ini saya minta lebih merakyat agar bisa ditonton masyarakat. Biar masyarakat bisa menyaksikan proses abnon seperti apa," ujar Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, kemarin.

Nantinya, kata Jokowi, malam pemilihan abnon yang digelar di Monas akan ditonton minimal sebanyak 10 ribu penonton. Jokowi juga berpesan, Jakarta tidak boleh kehilangan karakter dan indentitas sehingga proses ini dapat mengedukasi anak muda untuk tidak lupa budaya Betawi. Langkah tersebut dilakukan untuk membetawikan Jakarta, membetawikan metropolitan karena akar budaya Jakarta adalah Betawi.

"Jangan sampai Bahasa Inggris pinter, Jerman pinter tapi bahasa Betawi nggak pinter. Jangan sampai nanti ditanya tentang almarhum Benyamin S tidak tahu. Yang dinyanyikan almarhum juga nggak tau. Tapi giliran ditanya Freddie Mercury, tahu. Misalnya, ditanya Queen, Guns and Roses, ngerti. Begitu ditanya gambang kromong nggak tahu. Hati-hati ini," kata Jokowi.

Malam final pemilihan abnon Jakarta 2013 akan digelar Rabu (3/7) mulai pukul 19.00 di Plaza Monas Sisi Timur. Ajang pemilihan Abang None Jakarta 2013 diikuti oleh sebanyak 1.854 peserta dari enam wilayah di DKI Jakarta. Angka ini meningkat sekitar 21,06 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1.467 peserta.

Para finalis abnon Jakarta 2013 dibekali berbagai pengetahuan mulai dari kehumasan, pemasaran, pemerintahan dan kepariwisataan, sejarah Jakarta dan kebudayaan betawi, etiket dan kepribadian, bahaya dan pencegahan narkoba, penampilan dan tata busana, keprotokolan dan teknik membawa acara, hospitality industri, psikologi dan bahasa asing. o dayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar